HAL-HAL BERIKUT PERLU ANDA PERHATIKAN KETIKA MEMULAI BISNIS SAPI DI PADI UMKM, PEMULA WAJIB SIMAK!

Dikutip dari rumah 123 com, Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika memulai usaha peternakan sapi di PaDi UMKM yaitu Memilih jenis sapi yang akan diternak, Sebelum memulai proses ternak sapi, ada beberapa jenis sapi yang sangat familiar untuk orang Indonesia. Ketahui beberapa jenis sapi berikut ini: Sapi Limosin Jenis sapi yang mampu hidup di iklim tropis dengan cuaca ekstrim sekalipun. Jenis sapi ini memiliki ciri khas dengan tubuh memanjang serta daging yang sangat padat. Sapi Brahman Sapi peranakan India ini memiliki ciri tubuh besar, gemuk, bongsor, bertekstur coklat yang tumbuh dengan cepat. Umumnya, sapi brahman kerap ditemukan di wilayah Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Sapi Madura  Bukan sekadar diternak untuk karapan sapi, sapi madura umumnya memiliki pertumbuhan yang sedikit melambat. Meski populasinya sedikit, namun sangat diandalkan untuk peternakan sapi jangka panjang. Sapi Bali Kualitas daging lembut dan tidak banyak lemak, menjadi ciri khas dari jenis sapi ini yang mudah beradaptasi dengan iklim Indonesia. Adapun, persebaran Sapi Bali akan banyak kamu temukan di wilayah Indonesia timur.

Hal kedua yang perlu diperhatikan ketika memulai usaha peternakan sapi di PaDi UMKM yaitu Lahan dan kandang peternakan sapi harus dipersiapkan dengan matang, Apabila jenis sapi yang akan diternak sudah sesuai kebutuhan, langkah selanjutnya kamu pun bisa menyiapkan lahan ternak. Jika tahap awal jumlah sapi masih terbatas, tak ada salahnya untuk mencari lahan yang luas dan memadai supaya tidak terpisah dengan sapi lainnya.

Hal ketiga yang perlu diperhatikan ketika memulai usaha peternakan sapi di PaDi UMKM yaitu Pembuatan kendang, Untuk memaksimalkan ruang, pastikan proses pembuatan kandang harus disesuaikan dengan baik. Pembuatan kandang peternakan sapi merujuk pada posisi yang sejajar maupun saling berhadapan. Selain posisi, pastikan kandang peternakan dengan sirkulasi udara baik, tidak lembap, sekalipun pencahayaan baik, agar mereka dapat tumbuh dengan sehat.

Hal keempat yang perlu diperhatikan ketika memulai usaha peternakan sapi di PaDi UMKM yaitu Memilih bibit sapi berkualitas unggul, Untuk menghasilkan generasi yang baik pada peternakan sapi, ada beberapa ciri khas sapi berkualitas dengan karakteristik sebagai berikut : Memiliki mata yang cerah dan jernih.  РTidak ada lendir di sekitar hidung yang menandakan tak ada gangguan pernafasan. РKulit atau bulunya tidak rontok. РKuku sapi tidak panas apabila disentuh. РPeriksa bagian dubur, pastikan ia tidak sakit, sekalipun menunjukkan gejala diare.

Hal kelima yang perlu diperhatikan ketika memulai usaha peternakan sapi di PaDi UMKM yaitu Pemberian pangan, Makanan seperti rumput memang sudah sangat cukup untuk menggemukkan usaha peternakan sapi. Namun, apabila tujuannya untuk mendapatkan daging dengan kualitas terbaik, kamu pun harus memberikan pangan berkualitas lainnya seperti tahu, kacang kedelai, kulit nanas maupun lain-lain. Makanan dengan kandungan konsentrat yang tinggi mampu membuat daging tumbuh cepat dan gemuk dalam waktu singkat.

Hal keenam yang perlu diperhatikan ketika memulai usaha peternakan sapi di PaDi UMKM yaitu Perawatan dan pemeliharaan, Dalam proses peternakan sapi, maupun hewan-hewan ternak pada umumnya, perawatan dan pemeliharaan merupakan prioritas yang sangat penting. Tak hanya sekadar makanan bergizi, vaksinasi maupun vitamin juga menjadi prioritas penting supaya tumbuh sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *